T A R G E T K I N E
R J A
EKSTRAKURIKULER
JURNALISTIK MA AL-IHYA
KADURONYOK (MALIKA)
ANGKATAN KE – 1
PERIODE 2017 - 2018
Dengan terwujudnya kegiatan ekstrakulikuler
jurnalistik maka sekolah mempunyai suatu media penyampaian informasi berupa
produk majalah/ tabloid sekolah. Selain itu siswa-siswi mempunyai wadah untuk menyalurkan
kreatifitas dan mengasah bakat. Insya Allah ini menjadi titik awal kemajuan MA
Al-Ihya Kaduronyok di bidang jurnalistik.
TAHAP 1
|
NO
|
TARGET
|
KETERANGAN
|
|
|
1
|
Tercipta Lingkungan Keluarga Jurnalistik MALIKA yang Islami:
Berakhlak Mulia, Saling menyayangi, menumbuhkan kebiasaan Musyawarah
dan berjama’ah dalam setiap pekerjaan/kegiatan.
|
|
|
|
2
|
Terbentuk Jurnalis-Jurnalis yang kompeten, Mandiri, amanah, luas
(hati, fikiran dan sosialnya) , ikhlas, kreatif, asyik dan produktif dengan
target pencapaian sebagai berikut :
|
|
|
|
-
Kajian
Materi jurnalistik 2 minggu sekali
|
|||
|
-
Membuat
madding sederhana, Terbit 2 minggu sekali
|
|||
|
-
Membukukan
Karya-karya Siswa dan menjualnya
|
|||
|
-
Mengadakan
Workshop jurnalistik 3 kali dalam 1 tahun kepengurusan
|
|||
|
-
Launching
Majalah dan buku-buku 3 kali dalam 1 tahun kepengurusan
|
|||
|
7.
|
Pengurus Mampu membuat karya Ilmiah melalui kegiatan Wawancara, study
pustaka dan observasi (Study Tour Ke Tempat-tempat bersejarah, perpustakaan Nasional dan Toko Buku)
|
|
|
|
8.
|
Pengurus Mampu membuat Taman Baca MALIKA (mading + rak buku/
perpustakaan mini)
|
|
|
|
9.
|
Setiap pengurus memiliki skill yang mumpuni di bidang kepenulisan dan
retorika melalui forum diskusi/ bedah buku (1 minggu sekali)
|
|
|
|
10.
|
Setiap pengurus mampu mengamalkan ilmunya dengan cara membimbing
anggota baru pers MALIKA selama 6 bulan (Januari-Juni)
|
|
|
TAHAP 2
Setelah pembentukan
kepengurusan baru, maka dibentuk Dewan Pers MALIKA. Untuk menjaga dan
mengembangkan bakatnya, setiap pengurus Senior tetap aktif dalam kegiatan pers
MALIKA, melalui:
|
NO
|
TARGET
|
KETERANGAN
|
|
1.
|
Penentuan Kepengurusan Pers MALIKA yang Baru
|
|
|
2.
|
Pembentukkan Dewan Pers MALIKA & Tupoksi nya
|
|
|
3.
|
Study Banding Dewan Pers Ke Sekolah/ instansi
lain
|
|
|
4.
|
Kunjungan Dewan Pers ke media cetak/ TV/ Kantor
berita
|
|
|
5.
|
Mengamalkan ilmu yang diperoleh dalam dunia
kerja, kuliah, atau yang lain nya.
|
|
|
6.
|
Mendirikan Kantor pers MALIKA (Mahakarya
Al-Ihya Kaduronyok) resmi yang mendunia di Banten.
*Kantor Redaksi
*publishing House
*Perpustakaan
*Channel TV
|
|
|
7.
|
Berkah Dunia Akhirat
|
|
P R O G R A M K E R J A
EKSTRAKURIKULER
JURNALISTIK MA AL-IHYA
KADURONYOK (MALIKA)
ANGKATAN KE – 1
PERIODE 2017 – 2018
Secara
umum, ekskul Jurnalis memiliki 4 program, yaitu : Program Unggulan,
Program jangka pendek, Program jangka menengah dan Program jangka panjang.
I.
PROGRAM UNGGULAN
Program kerja yang menjadi
unggulan ekskul Jurnalistik, diantaranya :
|
NO
|
JENIS KEGIATAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KET
|
|
1.
|
Penerbitan Majalah atau bulletin sekolah per 4
bulan
|
Awal bulan (November, Maret, Agustus)
|
|
|
2.
|
Meng-upgrade mading sekolah dan blog resmi
Sekolah
|
Setiap 2 minggu sekali
|
|
|
3.
|
Terlibat secara langsung dalam
men-dokumentasikan kegiatan sekolah maupun masyarakat
|
PHB, LDKS,
Haflah, MPLS, MOP, dll
|
|
|
4.
|
Mengadakan kerja sama yang intens dengan seluruh
organisasi dan ekskul
di MA Al-Ihya Kaduronyok
|
|
|
|
5.
|
Mengadakan lomba antar Siswa ( The Best
Writer of the Month/ Year) & mencetak buku (20/ lebih karya terbaik)
|
Setiap tanggal 17 perbulan & setiap bulan
Juli per tahun
|
|
|
6.
|
Mengadakan diskusi pelatihan kepemimpinan dan public
speaking
|
Agustus
|
|
|
7.
|
Mengunjungi kantor berita, telivisi maupun radio
|
|
|
II.
PROGRAM JANGKA PENDEK
Program jangka
pendek merupakan program organisasi yang hanya berfokus dalam kehidupan
organisasi sehari-hari, atau minimal satu kali dalam satu semester. Berikut
program-program jangka pendek organisasi ekskul Jurnalistik :
|
NO
|
NAMA KEGIATAN
|
RENCANA PELAKSANAAN
|
KET
|
|
1.
|
Kajian Materi jurnalistik
per 2 minggu
|
Selasa*)
|
|
|
2.
|
Pelatihan/
Workshop per 4 bulan
|
Agustus, November,
Maret
|
|
|
3.
|
Membuat
artikel-artikel berita untuk madding & tabloid/majalah
|
|
|
|
4.
|
Malam Jurnalis per
6 bulan
|
|
|
|
5.
|
Bedah buku/
diskusi per minggu
|
Senin/ Selasa
|
|
|
6.
|
Selalu Meng-update
berita-berita terbaru dalam website/blog MALIKA
|
|
|
|
7.
|
Membantu seluruh
pihak di MA Al-Ihya Kaduronyok dalam mengabadikan setiap momen atau kegiatan
sekolah
|
|
|
|
8.
|
Menjalin kerja
sama antar organisasi, baik di MA Al-Ihya Kaduronyok maupun di luar sekolah
|
|
|
|
9.
|
Menyampaikan
aspirasi siswa kepada pihak sekolah serta memperjuangkannya
|
|
|
|
10.
|
Mensosialisasikan
program “Literasi” di seluruh wilayah di MA Al-Ihya Kaduronyok
|
|
|
*) Keterangan:
A.
MATERI DAN PEMATERI
Materi
Adapun materi yang
dikaji/ diperdalam dalam ekstrakulikuler jurnalistik ini adalah sebagai
berikut.
1. Pengertian dan sejarah singkat jurnalistik.
2. Kode etik jurnalistik.
3. Kilas balik wartawan Indonesia, profesi wartawan, kode
etik wartawan Indonesia.
4. Jurnalistik dan sastra.
5. Peliputan bermetode ilmiah.
6. Peliputan selidik beretika.
7. Peliputan selidik bersastra.
8. Jurnalistik Praktis
a)
Menulis Berita (Pengertian berita, Teknik Reportasi, Unsur-unsur
berita, jenis dan struktur berita, teras berita)
b)
Menulis Feature (Pengertian Feature, Jenis-jenis Feature, Struktur
Feature)
c)
Praktek Wawancara (Pengertian Wawancara, Jenis-jenis Wawancara,
Kriteria Narasumber, Kiat Wawancara, Tahap persiapan, Pelaksanaan)
d)
Menulis Artikel (pengertian Artikel, Jenis-jenis Artikel, Modal Dasar,
Prakondisi Menulis, Contoh Pembuka tulisan)
e)
Menyunting Naskah
f)
Meresensi Buku (Pengertian Resensi, Bekal dasar peresensi, Struktur
tulisan)
g)
Penulisan Kolom dan Tajukrencana (Pengertian kolom, Tajuk rencana)
h)
Konsep Kerja Jurnalistik
i)
Sekilas Jurnalistik Islami
j)
Dakwah Bil Qalam
9. Cara penggunaan perangkat elektronik pendukung
tugas jurnalistik (kamera digital, alat perekam suara, laptop/ komputer).
10. Cara penggunaan software pendukung tugas
jurnalistik (Ms. Word, OpenOffice Writer, Adobe Photoshop, GIMP, Inkscape,
Adobe InDesign, Scribus, dll).
11. Dewan pers, tugas dewan pers.
Pembimbing dan Pemateri (Kondisional)
III.
PROGRAM JANGKA MENEGAH
Program jangka
menengah adalah program yang dilaksanakan secara umum dalam satu tahun kepengurusan.
Berikut program jangka menengah ekskul Jurnalis :
|
NO
|
NAMA KEGIATAN
|
RENCANA PELAKSANAAN
|
KET
|
|
1.
|
Mengadakan
pelatihan liputan, broadcast maupun reportase di beberapa kantor media cetak,
stasiun radio dan TV di tingkat kabupaten maupun kota.
|
|
|
|
2.
|
Mengadakan
pelatihan kepemimpinan
|
|
|
|
3.
|
Mengadakan
pelantikan Dewan Pengurus baru
|
|
|
|
4.
|
Mengadakan
pembelajaran komputer mengenai cara-cara penulisan yang baik dan editing foto
di laboratorium komputer
|
|
|
|
5.
|
Mengadakan “Journalist
Award”
|
|
|
|
6.
|
Mengadakan angket
organisasi mengenai segala permasalahan siswa dan sekolah
|
|
|
|
7.
|
Peluncuran MALIKA magazine
(Majalah Sekolah) setiap 4 bulan sekali
|
|
|
|
8.
|
Study Banding
|
|
|
|
9.
|
Study Tour
|
|
|
IV.
PROGRAM JANGKA PANJANG
Program jangka
panjang adalah program yang merupakan usaha-usaha menuju tujuan di masa depan
atau memiliki efek yang besar bagi tahun-tahun mendatang. Adapun program jangka
panjang ekskul Jurnalis adalah :
|
NO
|
NAMA KEGIATAN
|
RENCANA PELAKSANAAN
|
KET
|
|
1.
|
Membuat website
organisasi sebagai bahan dokumen masa mendatang
|
|
|
|
2.
|
Mengupayakan
kepemilikan komputer dan mesin cetak organisasi untuk keperluan dokumen dan
karya tulis siswa
|
|
|
|
3.
|
Mengupayakan
kepemilikan Taman Baca MALIKA: lemari perpustakaan + Majalah Dinding untuk di-update setiap minggunya
|
|
|
|
4.
|
Menargetkan MALIKA
magazine (Majalah Sekolah) lebih baik dan lebih professional di masa
mendatang serta bisa bersaing dengan majalah-majalah umum yang lain
|
|
|
|
5.
|
Mengupayakan
kepemilikan Sekretariat Organisasi serta fasilitas ekskul jurnalistik
|
|
|
|
6.
|
Mengupayakan
kepemilikan MALIKA Channel (Channel TV) atau radio untuk pembelajaran broadcast
siswa
|
|
|
|
7.
|
Mengupayakan
Kepemilikan Percetakan/ Publishing House
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar